Berita PKS

Aries Mufti Bocorkan Bagaimana Cara Wujudkan Desa Emas

23 Jan 2021 | 19:08 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (23/1) - Pendiri Gerakan Desa Emas Aries Mufti memberikan bocoran bagaimana cara mewujudkan sebuah desa itu menjadi Desa Emas.

Desa akan, kata dia, maju jika warganya memiliki semangat pantang menyerah, tekun, bekerja cerdas-bekerja ikhlas, juga berdikari (berdiri di atas kaki sendiri).

"Berdikari dalam arti apapun yang dikerjakan adalah swadaya dan swadarma. Jika dikerjakan maka desa itu akan menjadi desa emas," kata dia dalam Webinar Seri 2 dengan tajuk "Menciptakan Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan dan Ekosistem Baru Ekonomi Bangsa" yang diadakan oleh Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi (BPJE) DPP PKS pada Sabtu (23/1/2021).

Selain itu, kata dia, dengan cara membina warga menjadi Patriot Desa. Patriot Desa ini lah menjalankan tugas dengan akhlak mulia dan karakter pantang menyerah, malu jadi benalu dan bergotong royong mengelola potensi desa.

"Kemudian, yang kedua, mendidik Patriot Desa menjadi trainer pelatih warga desa agar cerdas secara spiritual, emosional, intelektual dan vokasional melalui lima pilar gerakan Desa Emas," ungkap dia.

Yang ketiga, lanjut dia, membantu Komite Pembangunan Desa membuat Rencana Pembangunan Desa. Keempat membantu implementasi Peta Jalan Satu Desa Satu Industri dan Bela Desa Bela Bangsa.

"Terakhir, Kampus Desa Emas (Kampus Merdeka) menjadi inkubator desa menjadi Desa Pancasila mencapai tujuan SDG's," ujar dia.

Oleh sebab itu, kata Aries, ia sangat mendukung upaya BPJE PKS yang memiliki arah yang sama. "BPJE PKS ini harus kita dukung karena memiliki semangat membangun," tukas Aries.


Berita Terkait

aries mufti
bpje dpp pks
desa emas