Berita PKS

130 Dewan Fraksi PKS se-Jateng Sumbangkan Gaji Untuk Korban Bencana di Indonesia

25 Jan 2021 | 17:05 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail
Seluruh Anggota DPRD asal PKS se-Jawa Tengah akan mengalokasikan gajinya untuk membantu korban bencana serta penanganan bencana alam di Indonesia seperti gempa di Sulawesi Barat serta banjir di Kalimantan Selatan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Jateng Arifin Mustofa, Senin, (25/01/2021)

Menurutnya, ada 120 legislator asal PKS di DPRD kabupaten/Kota se-Jawa Tengah serta 10 legislator asal PKS di DPRD Provinsi sehingga total ada 130 legislator asal PKS yang akan turut membantu korban bencana alam.

"Selaku Ketua Fraksi saya menghimbau kepada seluruh legislator PKS di Jawa Tengah agar menyumbangkan gajinya untuk korban bencana alam di Indonesia," jelasnya.

Arifin mengatakan bahwa Langkah ini merupakan bentuk keprihatinan Fraksi PKS DPRD Jateng selaku wakil rakyat terhadap bencana alam yang marak terjadi akhir-akhir ini di Indonesia.

"Kami (Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah) secara kolektif mengumpulkan sumbangan yang sumber dananya adalah berasal dari gaji anggota fraksi PKS pada bulan Januari," jelasnya.

Melihat bencana yang banyak terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, harapannya bantuan ini sedikit banyak dapat meringankan beban rakyat yang terdampak bencana, tambah Arifin.

Arifin menerangkan bahwa sumbangan nantinya dikumpulkan secara kolektif melalui Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng bersamaan dengan bantuan dari pengurus PKS di daerah di Jawa Tengah. Kemudian penyalurannya pun sepenuhnya diserahkan tim penanganan bencana DPW PKS Jawa Tengah, dimana PKS Jawa Tengah sendiri memiliki pusat penanganan bencana dan telah memberangkatkan 5 Relawannya untuk turut membantu proses evakuasi korban bencana di Kab. Majene dan Kab. Mamuju, Sulawesi Barat dan akan diikuti oleh gelombang relawan berikutnya.

"Pengalokasian bantuan kami serahkan sepenuhnya kepada tim penanganan bencana DPW PKS Jateng, karena adanya beberapa titik bencana membuat pengalokasian bantuan harus ditata dan diatur dengan cermat," terangnya.

"Namun pesan dari rekan-rekan di fraksi bahwa bantuan ini agar diprioritaskan untuk membantu korban bencana," pungkasnya.

Sementara itu Bendahara Fraksi PKS DPRD Jateng Ida Nurul Farida mengatakan bahwa untuk mengawali pengumpulan dana bantuan ini, seluruh anggota Fraksi PKS DPRD Jateng telah mengumpulkan sumbangannya dan telah disalurkan kepada tim penanganan bencana DPW PKS Jawa Tengah.

"Untuk awal ini, kita telah mengumpulkan sumbangan yang berasal dari gaji anggota dewan provinsi. Dan semua itu sudah kita salurkan melalui tim penanganan bencana PKS Jawa Tengah," ujar Ida.