Berita PKS

Warga Bareng Aleg Ini Gelar Upacara HUT RI ke 71 di Gang Perumahan

18 Aug 2016 | 18:18 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail anggota dewan komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Riyono

Semarang (18/8) - Biasanya upacara HUT RI digelar di lapangan sepak bola, halaman sekolah atau halaman kantor serta para peserta mengenakan seragam rapi dan resmi. Tapi warga Wonolopo punya cara lain untuk menggelar upacara HUT RI.

Pada Rabu (17/8/2016) kemarin, warga masyarakat Kelurahan Wonoloko, Kecamatan Mijen Jawa Tengah menggelar upacara HUT RI ke 71 di gang-gang perumahan mereka. Ini diinisiasi anggota dewan komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Riyono.

Dia menuturkan, masyarakat mengikuti upacara dengan tertib dan khidmat meski mereka mengenakan pakaian santai sehari-hari.

"Hal ini justru menambah semangat nasionalisme, tidak hanya bapak-bapak saja, tapi ibu-ibu juga. Karena wujud nasionalisme tidak hanya siap berperang mempertahankan bangsa dan negara saja, bahkan nasionalisme bisa di bangu di setiap rumah dengan wujud yang beragam," tutur Riyono, Kamis (18/8/2016).

Menurut Riyono, hal ini juga memberikan pesan kepada masyarakat bahwa nasionalisme tidak hanya ditunjukkan oleh orang-orang besar saja.

"Kami ingin menunjukkan bahwa nasionalisme dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, tidak hanya diungkapkan ketika negara sedang terusik saja," ujar Riyono.