Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

PKS Klaten: Selamatkan Rohingya Bukan dengan Kata

17 Sep 2017 | 10:04 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Aksi solidaritas Rohingya di Jalan Pemuda, Klaten, Jawa Tengah, Ahad (17/9).

Klaten (17/9) -- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Klaten menyuarakan kepedulian terhadap etnik Rohingya dengan menggelar aksi solidaritas di Jalan Pemuda Klaten, Ahad (17/9/2017).

Ratusan massa dengan pakaian serba putih memadati arena aksi di pusat Kabupaten Klaten. Ketua DPD PKS Klaten Marjuki mengatakan tidak ada kata yang dapat mewakili bagaimana penderitaan etnik Rohingya. Bangsa Rohingya harus mengalami penderitaan bertubi, kelaparan, dipinggirkan, diusir, rumahnya dibakar, dibunuh, tanpa memandang orang tua dan anak-anak.

Untuk itu, papar Marjuki, PKS Klaten mengajak aksi nyata untuk Rohingya tak sekadar kata. "Selamatkan Rohingya tak sekadar dengan kata," ujar dia.

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) DPD PKS Kab Klaten Sri Widodo dalam orasinya mengajak masyarakat Klaten agar turut mendoakan saudara-saudara Rohingya yang terusir dari tanah kelahirannya.

"Mari masyakarat Klaten berdoa bersama, berinfak bersama meringankan beban bangsa Rohingya," ujar ketua Fraksi PKS DPRD Kab Klaten ini.

Sri Widodo menuturkan, sejatinya Rohingya adalah salah satu suku yang telah lama menetap di Myanmar sejak Abad 8. Namun, hingga kini pemerintah Myanmar tidak mengakui Rohingya sebagai warga negara hanya karena berbeda warna kulit, bahasa dan agama.

Sri Widodo mengingatkan bangsa Indonesia berdiri di atas semangat kemerdekaan sebuah bangsa sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD.

"Itu dasar kita maka hari ini ketika warga Rohingya yang hanya karena berbeda warna kulit, suku, agama dihilangkan dari negerinya maka saat itu Indonesia bergerak sebagai entitas internasional tegas menolak penjajahan terhadap Rohingya," ujarnya.

Tak lupa mewakili PKS, Sri Widodo mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Klaten, Kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang membantu jalannya aksi solidaritas Rohingya.