Berita PKS

Pengamat: Bang Ancah Punya Kapasitas Isi Kekosongan Wagub DKI

07 Feb 2020 | 15:33 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Melihat track record yang dimiliki oleh Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang diajukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun menyatakan, Nurmasnjah Lubis memiliki kapasitas untuk menemani Anies Baswedan di DKI Jakarta.

"Analisis peluangnya sebenarnya ada dua saja, secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kulitatif, itu Pak Ancah lebih punya kapasitas untuk mengisi kekosongan Gubernur Anies," ucap Ubedillah dalam acara Diskusi Publik LKSP, Jakarta Pusat, Kamis (06/02/2020).

Meski nantinya yang akan menentukan Wagub Jakarta adalah DPRD, Ubedillah menerangkan, masyarakat sipil memiliki peran dalam prosesnya.

"Karena ini sudah menjadi perdebatan publik, maka peran civil society tinggal mendorong upaya untuk memilih Wagub yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan rakyat Jakarta," terang Ubedillah.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago yang turut menjadi narasumber dalam acara tersebut juga menambahkan, bahwa antara Gubernur dan Wakil Gubernur harus terbangun chemistry agar dapat saling melengkapi sesuai dengan fungsi posisi masing-masing.

"Cagub dan Cawagub itu juga chemistrynya mesti ada, kalau misalnya ada matahari kembar ga boleh ada. Susah kalau ada matahari kembar karena akan suka panggung depan semua, kemudian yang akan di panggung belakang siapa?" ucap Pangi.