Berita PKS

Janji Politik Keempat PKS akan Beri Insentif ke Kalangan Bawah

21 Feb 2019 | 17:18 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Sekretaris Bidang Ekuintek DPP PKS Handi Risza dalam deklarasi janji kampanye PKS, Jakarta, Kamis (21/02/2019). (Donny/PKSFoto)

JAKARTA -- Sekretaris Bidang Ekuintek DPP PKS Handi Risza mendeklarasikan janji kampanye PKS terkait pembebasan pajak penghasilan pekerja, buruh, karyawan serta masyarakat yang memiliki pendapatan Rp 8 juta ke bawah, Kamis (21/02/2019).

"Kami ingin luncurkan pada kesempatan kali ini, jika PKS nanti memenangkan Pemilu 2019 ini kami akan membebaskan pajak penghasilan masyarakat atau pekerja, buruh, karyawan yang memiliki penghasilan 8 juta ke bawah," ucap Handi.

Berangkat dari keresahan yang ada selama empat tahun terakhir, Handi menjelaskan beberapa hal yang melatarbelakangi janji kampanye tersebut.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami. Dalam empat tahun terakhir pertumbuhan ekonomi yang stagnan, daya beli masyarakat yang turun, dan sebelumnya juga pernah dicoba oleh kementrian keuangan melalui peningkatan PTKP tetapi tidak terlalu signifikan dampaknya terhadap daya beli masyarakat, dan yang lebih penting juga yang perlu kita ingat kita ini masih dalam fase bonus demografi," terangnya.

Peluncuran janji pembebasan pajak penghasilan dengan pendapatan Rp 8 juta ke bawah ini diharapkan dapat memberikan dampak untuk masyarakat kalangan ke bawah serta pengaruh stimulus ekonomi.

"Ini akan memberikan insentif bagi kelompok masyarakat untuk bisa lebih mendapatkan stimulus ekonomi sehingga mereka bisa memperkuat atau bisa membelanjakan atau bisa memberikan insentif terhadap daya beli mereka sehingga dengan demikian nanti juga kami berharap ada stimulus dalam pertumbuhan ekonomi kalau seandainya nanti itu juga terus akan berdampak terhadap pajak pertambahan atau PPN sebagai bentuk kompensasi daripada pajak penghasilan ini," lanjut Handi.

Diakhir deklarasi Handi menyampaikan harapannya terhadap peluncuran janji kampanye ini agar dapat disambut dengan baik dan kedepan masyarakat dapat merasakan manfaatnya, terutama kalangan menengah ke bawah.

"Ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama untuk kalangan menengah ke bawah yang merupakan golongan terbesar dalam struktur tenaga kerja di Indonesia. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan pada siang hari ini disambut baik oleh masyarakat. Ini sebagai bentuk upaya kami membela hak-hak mereka sehingga kehidupan mereka lebih baik di masa yang akan datang," ujar Handi menutup deklarasi kampanye.