Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

Ahmad Heryawan Raih Dua Penghargaan Hari Anak

24 Jul 2017 | 10:58 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher)
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat dua juara kategori provinsi ramah anak. Secara simbolis,  dua penghargaan tersebut diberikan saat rangkaian peringatan hari anak di Pekanbaru,  Provinsi Riau,  Sabtu (22/7/2017) malam. 
 
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan dua kategori juara yang disabet Jawa Barat adalah sekolah layak anak tingkat SMA dan forum anak terbaik terbaik di Indonesia. 
 
"Alhamdulillah kita dinobatkan sebagai provinsi terbaik dalam forum anak. Jadi seluruh provinsi membuat forum anak, dan Jawa Barat menjadi forum terbaik di Indonesia," tutur Ahmad Heryawan (Aher) ketika diwawancara. 
 
Tidak hanya itu, Jawa Barat juga diberi penghargaan dalam bidang akta kelahiran bagus, penurunan angka perkawinan anak, dan tugas mudah pemimpin tingkat SD dan SMP. 
 
Aher melanjutkan pihaknya terus berupaya mencanangkan keramahan anak bagi masyarakat Jawa Barat. 
 
"Ke depan Jabar harus tanpa kekerasan anak di sekolah, anti-trafficking dan kami juga sedang mencanangkan sekolah ramah anak," ujarnya. 
 
Dia menjelaskan konsep yang sedang dibentuk terkait ramah anak di Jawa Barat cukup sederhana, yakni mendorong orang tua untuk membangun keakraban di keluarga dan sekolah sebagai rumah kedua. 
 
"Tidak boleh ada kegalauan menimpa anak,  tapi malu curhat kepada oranh tua atau guru.  Nanti dia curhat kepada teman, sosmed, dan itu tidak menyelesaikan masalah," imbuhnya. 
 
Saat ini konsep tersebut sedang dimatangkan untuk selanjutnya diterapkan di sekolah. 
 
"Jika konsepnya sudah matang akan membuat surat edaran kepada kota kanupaten untuk menerapkan  gerakan sekolah rumah kedua," ujarnya. 
 
Dalam momen yang sama 15 kota/kabupaten di Jawa Barat juga mendapat penghargaan sebagai kota layak anak. 
 
"Tahun lalu hanya enam tapi sekarang menjadi 15 atau meningkat sembilan kota kabupaten, itu bagus mudah-mudahan tahun depan 27 kota/kabupaten menjadi layak anak," tandasnya. 
Sumber: AyoBandung.com