Berita PKS

Aher Boyong Dua Penghargaan Sindo Weekly Government Awards 2017

04 Apr 2017 | 14:24 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Jakarta (4/4) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima penghargaan Kepala Daerah Inspiratif Sindo Weekly Government Award 2017, di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (03/04/2017) malam.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher)  mengaku dirinya bersyukur atas pencapaian yang diraih olehnya secara pribadi, dan diraih Provinsi Jawa Barat pada umumnya. Namun Ia menuturkan bahwa dirinya bekerja dengan program-program yang dijalankannya demi tujuan kemaslahatan masyarakat. Penghargaan yang diraih merupakan bonus.
"Ya bersyukur, saya menjalankan program kan tidak ditujukan untuk menerima penghargaan, tapi kalau kemudian ketika mendapat penghargaan saya berterima kasih, mudah- mudahan ini penghargaan semacam pendahuluan dari penghargaan sesungguhnya dari Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT," Ungkap Aher.
Selain itu pada tingkat Pemerintah Provinsi, Jawa Barat juga meraih penghargaan Sindo Weekly Government Awars 2017 pada bidang pariwisata.
Terkait penghargaan di bidang pariwisata tersebut, Aher mengaku bahwa dirinya tidak merasa kaget karena Jawa Barat meski masih kalah oleh Bali dalam hal kunjungan wisatawan luar negeri, tapi untuk wisatawan dalam negeri, atau domestik Jawa Barat lah yang cukup tinggi tingkat kunjungannya.
Tercatat tahun 2016 kemarin kata Aher, Jawa Barat berhasil membukukan wisatawan dalam negeri, atau domestik sebanyak 58 juta orang, lebih banyak dari pada penduduk Jawa baratnya sendiri yakni 47 juta orang.
"Kemudian pada saat yang sama kami punya pariwisata yang menarik baik wisata pantai, laut, perkebunan, wisata sejarah, wisata ziarah, kuliner, belanja dan sebagainya kami kumplit, terakhir kami punya wisata baru Ciletuh -Pelabuhan Ratu Geopark. Sekarang sedang didaftarkan ke UNESCO untuk menjadi UNESCO global Geopark," Imbuh Gubernur.
Pemimpin Redaksi SINDO Weekly Nevy A. Hetharia mengatakan penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan oleh tim Redaksi SINDO Weekly bersama berbagai pihak.
Kepala Daerah terpilih dinilai dari keberhasilannya menjadi "change leader" atau pemimpin yang membawa perubahan, yang mampu melakukan improvisasi dengan sangat cepat meski dengan berbagai keterbatasan yang ada. Hal tersebut menunjukan kemampuan kepala daerah dalam melahirkan inovasi dan kreativitas tinggi dalam kapasitasnya sebagai pemimpin.
Adapun penilaiannya kata Nevy, diawali melalui riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Selanjutnya setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan yang mereka miliki sesuai kategori yang ditetapkan.
Pada tahun 2017 yang merupakan Government Award yang keempat kalinya. Ini pun bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sindo Weekly yang kelima.
Sindo Weekly memberikan penghargaan kepada kepala daerah berprestasi, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada beberapa kategori. Dengan kategori mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, e-Government, dan lainnya.
"Semoga apresiasi yang diberikan Sindo Weekly ini dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah daerah di seluruh Indonesia," harap Nevy.
Adapun Kabupaten/ Kota di Jawa Barat lainnya yang meraih penghargaan diantaranya, Kabupaten Cianjur pada kategori Pariwisata, Kabupaten Kuningan pada Kategori Peduli Lingkungan, Kota Depok Kategori Peduli Ketahanan Pangan. Serupa penghargaan yang diterima Gubernur Aher, Walikota Bandung Ridwan Kamil juga mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inspiratif.