Teropong 2024

Anomali Politik Indonesia

$con.shortSummary

11 Oct 2021 - 14:10 WIB

Indonesia Maju dalam Tanda Tanya  

Indonesia berpotensi besar menjadi negara besar, negara maju. Sejatinya, Indonesia Maju bukanlah ilusi. Kita setidaknya punya empat modal dasar untuk menopang status paripurna itu

04 Oct 2021 - 10:12 WIB

Mayoritas Statistik, Minoritas Politik

Tanpa kekuasaan politik, status mayoritas statistik bisa meredup bersalin rupa menjadi minoritas statistik. Tanpa kekuasaan politik, peran historis umat bisa didistorsikan dan bahkan dinihilkan. Tanpa kekuasaan politik, hasrat umat untuk berpartisipasi bisa dibekap dengan cara-cara otoritarianistik. Tanpa kekuasaan politik, umat menjadi pelakon utama dalam serial Kisah Sedih di Hari Minggu, dengan tambahan Senin, Selasa, dan seterusnya.

27 Sep 2021 - 08:17 WIB

Garam dan Gincu

Guru Besar Ilmu Politik FISIP UI Prof. Dr. A. Rahman Zainuddin menyebutnya sebagai pertemuan antara Filsafat Garam dan Filsafat Gincu. Segelas air mineral yang dimasukkan garam, yang terjadi adalah warna tak berubah namun rasa berubah. Jika dimasukkan gincu merah, warna berubah merah tapi rasa tetap. Islam adalah mata air peradaban, yang darinya menjadi pandu kehidupan, mengalir jauh menyuburkan pelbagai relung kehidupan, di jalur kultural maupun struktural.

20 Sep 2021 - 15:55 WIB

Jas Hijau

“Mereka memang luar biasa. Dan kita sulit membayangkan apa jadinya negeri ini tanpa Islam. Sebab, hanya Islam yang bisa membangun kesadaran untuk bangkit melawan para penjajah yang kafir, serakah, dan sewenang-wenang ini. Hanya Islam yang bisa membuat suatu kaum bangkit berjihad demi membela agama, bangsa, dan tanah airnya.”

13 Sep 2021 - 10:06 WIB

Aku Bagian Umat, Aku Bagian Bangsa

Umat Islam tak bisa lari dari kenyataan, sembari terus mendendangkan lagu “Kisah Sedih di Hari Minggu -dengan penambahan Senin, Selasa, dan seterusnya.” Mengapa? Karena, “Aku Bagian Ummat, Aku Bagian Bangsa.”

06 Sep 2021 - 16:42 WIB

Politik itu Mulia

Ad-Din mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, tak terkecuali politik. Atau dalam salah satu ungkapan tersohor dari M. Natsir, “Islam bukan Barat, Islam bukan Timur. Tetapi, Islam adalah Islam.”

29 Aug 2021 - 12:25 WIB

Teropong 2024

Orang yang buta politik tak sadar bahwa biaya hidup, harga makanan, harga rumah, harga obat, semuanya bergantung keputusan politik. Dia membanggakan sikap antipolitiknya, membusungkan dada dan berkoar ‘Aku benci politik!’ Sungguh bodoh dia, yang tak mengetahui bahwa karena dia tidak mau tahu politik, akibatnya adalah pelacuran, anak terlantar, perampokan, dan yang terburuk, korupsi dan perusahaan multinasional yang menguras kekayaan negeri.”

25 Aug 2021 - 16:43 WIB