Berita PKS

Peringati Hari Lembaga Sosial Desa, PKS Ajak Masyarakat Terus Berinovasi

05 May 2021 | 14:55 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (5/5) -- Sekretaris Bidang Pembinaan dan Pengembangan Desa DPP PKS Yoandro Edwar mengajak elemen masyarakat desa untuk terus berinovasi menyajikan program yang sesuai dengan kebutuhan zaman dalam rangka Hari Lembaga Sosial Desa, Rabu (05/05/2021).

"Misalnya ibu-ibu PKK bisa membuat marketplace sendiri, mandiri saling jual beli di desanya. Program pelatihan karang taruna bisa dimentori oleh pakar nasional bahkan internasional yang ahli di bidangnya melalui streaming tanpa harus didatangkan ke desa, serta program inovatif lainnya," terang Yoandro.

Dia menyampaikan hal tersebut dilakukan agar lembaga yang ada dapat terus berkembang di tengah perkembangan zaman.

"Ini dilakukan agar lembaga-lembaga isa tetap berkembang di tengah pesatnya perkembangan zaman, terlebih adanya pandemi Covid-19 yang belum tampak ujungnya," ucap laki-laki yang biasa disapa Mas Iken ini.

Iken memaparkan pengguna internet yang semakin terus bertambah, tercatat kenaikan 15,5 % dari 2020 atau sebanyak 202,6 juta yang artinya internet menyentuh 73,7% penduduk Indonesia dari hasil laporan Digital 2021 oleh HootSuite.

"Hal ini menjadi tantangan layanan lembaga sosial desa ke depan bagaimana bisa beradaptasi dengan teknologi khususnya internet agar para relawan atau penggerak lembaga sosial desa terus bertambah dan memberikan program lebih cepat dan solutif bagi masyarakat desa, meskipun pemerintah masih menyisakan PR dimana kurang lebih 12.500 desa belum terkoneksi internet tahun 2020," jelas Iken.

Iken menutup, "PKS mengapresiasi aktivitas relawan, para penggerak Lembaga Sosial Desa dan siap berkolaborasi dengan PKS. PKS dengan jumlah struktur Dewan Pengurus Ranting setingkat Desa yang hadir hampir di 90% daerah Indonesia, ditambah para wakil rakyat yang siap menyambungkan program-programnya dimana PKS akan membuat titik-titik Pusat Pemberdayaan Desa untuk membangun Indonesia melalui Desa."

Seperti diketahui Lembaga Sosial Desa yang kita kenal diantaranya seperti Koperasi Unit Desa yang sekarang berkembang menjadi BUMDES, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK, Karang Taruna dan lembaga lainnya yang menjadi wadah sosial untuk bersama membangun desa.