Berita PKS

Wirausaha Dulu, Kuliah Kemudian  

30 Apr 2017 | 20:19 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (30/4) - "Teman-teman lulus kuliah, saya baru masuk kuliah," seloroh Hamzah Izzul Haq yang sedang duduk di kursi kayu jati itu.  Hamzah memang memutuskan untuk tidak kuliah dulu ketika itu.

Padahal pemuda yang baru memasuki usia 24 tahun itu menerima beasiswa kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia karena prestasinya sebagai juara Olimpiade Sains Nasional. Alasannya sangat ideal, ia sedang menggeluti dunia bisnis yang sedang dirintis.

Sejak duduk sekolah dasar hingga menengah pertama, sulung dari empat bersaudara itu memang sudah getol dengan dunia wirausaha. Ia mulai dari hal-hal kecil seperti jualan kelereng, petasan dan sebagainya.  Titik baliknya waktu duduk di sekolah menengah atas. Ia mulai mendirikan bimbingan belajar di tahun kedua sekolah. Lalu ekspansi di bidang lain hingga lulus sekolah.

"Pernah memiliki kedai ayam goreng dan warteg modern,"  katanya. Namun, seperti pada pengusaha pada umumnya,  ia harus mengalami masa pahit getir.  Terpaksa ia harus menutup kedua usahanya tersebut yang masih seumur jagung.

Penerima berbagai penghargaan itu kini memiliki usaha sofabed.  Yakni sofa ergonomis perpaduan antara sofa dan kasur (bed). Yang kini berkembang hingga ke seluruh provinsi di Indonesia. Merek produknya cukup unik yakni Picanto. "Berasal dari kata Pak Kanto (orang terdekat Hamzah, red).  Dan juga dari kata Pikantuk, bahasa Jawa yang berarti dapat," kata pemuda bersuku Jawa itu di Hotel Grand Sahid Jakarta,  Ahad (30/04/2017).

Dilihat dari namanya,  produk milik Hamzah ini sekilas mirip dengan merek sebuah kendaraan bermotor, "Haki tidak masalah dengan nama itu karena beda segmen," tutur Hamzah.

Untuk memperluas jaringan bisnisnya,  Hamzah bekerjasama dengan developer properti dengan cara pembelian properti gratis produk miliknya.

Pemuda yang kini kuliah di Universitas Dharma Persada (Unsada) jurusan Manajemen itu pun diganjar penghargaan PKS Award 2017 dengan kategori Entrepreuner Muda. Ia sangat antusias menyambut PKS Award dan berharap penghargaan PKS untuk pemuda inspiratif ada setiap tahun.