Berita PKS

Walikota Padang: Rohingya adalah Masalah Kemanusiaan

11 Sep 2017 | 10:35 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Padang (8/9) - Gelombang kecaman terhadap tindakan genosida terhadap masyarakat Rohingnya juga dilakukan di Padang, Sumatera Barat pada Jumat lalu (8/9). Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah turut mengutuk tindakan tidak manusiawi yang terjadi di Rakhine, Myanmar. Ia menyebutkan bahwa hal ini adalah kejahatan kemanusiaan.

"Karena masalah Rohingya bukan hanya masalah umat Islam saja, tetapi masalah kemanusiaan. karena itu, siapapun yang merasa dirinya manusia, maka wajib membela dan mendukung Rohingya yang sekarang ini diperlakukan secara tidak manusiawi oleh sebagian masyaarakat Myanmar," jelasnya.

Ia meminta pemerintah agar proaktif dan memberikan solusi konkret atas masalah kemanusiaan Rohingya. Menurutnya, sebagaimana Pembukaan UUD 1945 telah mencerminkan sikap bangsa Indonesia sebagai bangsa yang menghargai kemerdekaan suatu bangsa dan bangsa yang mencintai kemanusiaan.

"Karena di belakang republik Indonesia, maka di sana ada rakyat Indonesia yang cinta kemanusiaan," tegasnya.

Sebagai langkah aktif, ia menyatakan telah mengirim surat kepada seluruh jajarannya di kota Padang dan pemerintah pusat untuk melakukan pembelaan kepada Etnis Rohingya.