Berita PKS

Tingkatkan Minat Baca, Halmahera Selatan Launching Gerakan Literasi Sekolah

30 Jun 2016 | 12:17 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba (kiri)

Labuha (29/6)  Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, me-launching Gerakan Literasi Sekolah pada Rabu (29/6) dikantor Dinas Pendidikan di Jalan Oesman Syah. Acara yang dikemas dengan acara Buka Puasa itu dihadiri Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba, S.Pd, sebagai SKPD Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, serta seluruh kepala sekolah dan guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan, Saban Ali dalam sambutannya mengatakan Dinas Pendidikan Halmahera Selatan me-launching Gerakan Literasi Sekolah dalam rangka menumbuhkan minat baca dikalangan siswa-siswi sekolah di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Gerakan Literasi Sekolah diharapkan bisa meningkatkan semangat membaca dikalangan siswa yang saat ini menurun,” ucap Saban Ali di hadapan Bupati Halmahera Selatan.

Saban Ali menjelaskan bahwa bentuk kegiatan literasi sekolah diantaranya dengan membiasakan membaca buku bagi siswa setiap harinya di sekolah.

“Bentuk kegiatan literasi sekolah adalah ada waktu khusus untuk membaca sebelum siswa memulai pelajaran setiap harinya. Nanti disetiap kelas akan kita sediakan pojok buku,”ujar Saban.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba menyampaikan literasi merupakan gerakan yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang mampu meningkatkan kegemaran membaca dikalangan siswa.

“Literasi berarti mampu mengartikan, memahami dan mengunakan informasi secara cerdas, sehingga dapat diartikan sebagai sikap dimana sesorang memiliki kebiasaan gemar membaca,” ucap Bahrain Kasuba.

Bahrain Kasuba mengingatkan perlunya keteladanan dalam melakukan gerakan literasi sekolah.

“Guru merupakan subyek pertama dalam menumbuh kembangkan kegemaran membaca pada anak. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus terlebih dulu suka membaca sebelum menyuruh muridnya membaca,”ujar Bahrain Kasuba.

Bahrain Kasuba juga mengajak seluruh pendidik dan siswa untuk membaca buku-buku yang bermanfaat dan mendidik.

“Saya miris melihatnya, sekarang orang lebih suka baca status FB, BBM, Whatsapp yang isinya kadang gossip, fitnah, dan hoax. Mari kita lebih suka baca buku dibandingkan baca sosmed,” pungkas disambut tepuk tangan hadirin.