Berita PKS

Silaturahim PKS dan IKM Kaltim, Ketua Harian: Orang Minang dan PKS Punya Hubungan Emosional

10 Feb 2020 | 12:04 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Samarinda -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Timur melakukan silaturahim dengan Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Kalimantan Timur di Rumah Makan Buyung, Jl. Sutami, Samarinda, Ahad (09/02/2020).

Hadir dalam acara silaturahim tersebut Ketua DPW PKS Kaltim Harun Al Rasyid, Sekretaris DPW Kaltim Arif Kurniawan bersama jajaran pengurus lainnya, juga dari pihak IKM Kaltim hadir Ketua DPW IKM Kaltim Sudirman didampingi Ketua Harian, Refrimen, serta jajaran Penasehat, Pembina, Bundo kanduang dan unsur pemuda IKM Kaltim.

Dalam sambutannya Refrimen menyampaikan bahwa anatara IKM dan PKS ini sudah ada ikatan emosional karena baik IKM maupun PKS menjadikan Islam sebagai nafas organisasi.

"Ada tiga karakter yang melekat pada orang Minang, Pak. Religius, perantau serta demokratis dan egaliter. Orang Minang sangat religius karena kami memiliki falsafah 'Adat basandi syara', syara' basandi kitabullah' yang maknanya adat bersendi syariat dan syariat bersendi kitab Allah. Itulah yang membuat mengapa orang Minang ini punya ikatan emosional dengan PKS sebagai Partai Islam," tutur Refrimen.

Menyambut respon IKM yang bersahat tersebut, Harun Al Rasyid mengungkapkan sangat bersyukur dengan adanya silaturahim kedua belah pihak.

"Silaturahim ini adalah nikmat besar dari Allah SWT dan kita berharap silaturahim ini bisa terus terjaga, bukan hanya di dunia tapi juga hingga di akhirat," ucap Harun saat membuka sambutannya.

Harun juga berharap antara IKM dan PKS Kaltim bisa saling bekerja sama salam membangun daerah khsususnya Kalimantan Timur.

"Banyak hal yang yang bisa dikerjasamakan antara IKM dengan PKS. Kami meminta nasehat dan masukan dari orangtua kami di IKM," jelas Harun yang juga merupakan Anggota Legislatif DPRD Provinsi Kaltim itu.

Dalam agenda silaturahim tersebut dibuka forum diskusi dan ramah tamah. Mengawali diskusi Arif Kurniawan menyampaikan sangat berharap mendapatkan nasehat dan masukan dari IKM.

"PKS Kaltim saat ini memiliki perwakilan di DPR RI 1 orang, DPRD Provinsi 4 orang dan DPRD Kota Kabupaten se Kaltim 28 orang. Merek semua bertugas untuk menyuarakan aspirasi umat dan masyarakat di jalur legislatif. Untuk itu kami mohon masukan dan nasehat Bapak-bapak, Bundo kanduang dan dari unsur pemuda IKM," ungkap Arif.

Acara silaturahim ini diakhiri dengan prosesi pengalungan syal PKS oleh Harun Al Rasyid kepada Sudirman selaku ketua IKM Kaltim dan hal yang sama juga dilakukan oleh Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga PKS Kaltim Purwinahyu kepada Bundo Kanduang IKM Kaltim.