Berita PKS

Sambut Era Industri 4.0, Netty Pinta Pemerintah Serius Tingkatkan Kualitas Pendidikan

07 Oct 2019 | 13:49 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Aleg PKS DPR RI, Netty Prasetiyani

Jakarta (07/10) -- Menyambut era Revolusi Industri 4.0 Anggota Legislatif PKS, Netty Prasetiyani meminta pemerintah serius tingkatkan kuliatas sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan.

"Hari ini kita menghadapi kondisi situasi yang tidak dapat dihindari apalagi dengan era Industri 4.0 atau dikenal dengan terminologi baru destruction, maka kita harus mulai berbicara bagaimana meningkatkan kulitas daya saing sumber daya manusia kita. Tidak ada kata lain selain meningkatkan kulitas pendidikan kita," terang Netty, Senin (07/10/2019), di Jakarta.

Peningkatan pendidikan itu sendiri menurut Netty meliputi guru, sarana dan prasarana pendidikan, "Meningkatnya sarana prasarananya kemudian melengkapi guru-gurunya hingga ke pelosok,".

Selain itu, keterjangkauan fasilitas pendidikan oleh seluruh anak bangsa juga merupakan hal yang perlu diperhatikan.

"Berikutnya memberikan akses seluas-luasnya bagi seluruh peserta didik. Maksudnya dari akses seluas-luasnya ini adalah bisa jadi ada anak-anak kita yang mengalami disabilitas kemudian mengalami kesulitan untuk bisa mengakses pendidikan atau boleh jadi ada anak kita yang tinggal di daerah Dalcilpas, daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan. Tentu saja hal seperti ini harus diperhatikan oleh pemerintah sehingga pemeretaan pendidikan bisa dirasakan," lanjutnya.

Peningkatan kualitas pendidikan tersebut, lanjut Netty merupakan salah satu peran penyumbang dalam peningkatan kulitas SDM Indonesia khususnya saat menyambut era Industri 4.0.

"Tentu peningkatan kualitas pendidikan ini menjadi sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas SDM kita. Kalo tidak, tentu kita akan menjadi penonton di tanah sendiri dalam era Industri 4.0 ini. Karena apa? tenaga Expert tenaga ahli didatangkan dari negara lain, anak-anak kita tidak dapat mengambil peran," katanya.

Sebagai salah satu Anggota DPR RI periode 2019-2024 Netty berharap dapat mengoptimalkan perannya untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

"Mudah-mudahan keberadaan kami, Aleg dari PKS mampu bekerja secara optimal sebagai Anggota Dewan. Termasuk kerja-kerja kami di Komisi mulai dari Komisi I hingga komisi XI termasuk yang ada di alat pelengkapan dewan, kita berharap saling melengkapi dan bekerjasama bisa menghadirkan pelayanan yang prima bagi masyarakat dan menciptakan Indonesia lebih baik lagi kedepan," tutupnya.


Berita Terkait