Berita PKS

Relawan Gotong Royong Bersihkan Saluran Air Korban Gempa Sulteng

25 Oct 2018 | 10:15 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Palu (25/10) -- Laporan Warga yang diterima Relawan PKS (RPKS) pada hari selasa (23/10/2018) meminta bantuan membersihkan dan membongkar saluran air yang tersumbat akibat runtuhan tembok dan menyempit akibat gempa.

RPKS yang menerima laporan tersebut langsung menanggapi, esok harinya dimulai pukul 07.00 WIB (Rabu, 24/10/2018) bersama warga setempat drainase mulai diperbaiki yang berada di Jl. Cemara, Lorong Lima, Kel. Donggala kodi, kec. Ulujadi, Kota Palu.

Muhammad Iqbal warga setempat yang ikut dalam gotong royong mengatakan bahwa drainase tersebut merupakan titik central aliran air di daerah tersebut.

“Drainase ini kalau penuh bisa menyebabkan banjir, karena daerah kita agak rendah, apalagi saat gempa drainase ini semakin menyempit akibat pergeseran tanah dan reruntuhan tembok rumah tetangga saya jatuh mengarah ke drainase ini”, ungkapnya.

Iqbal sangat mengapresiasi respon yang sangat cepat dari Relawan PKS. “Warga disini banyak mengungsi, mungkin mereka masih trauma, karena salah satu pusat gempa persis dibelakang rumah saya”, tutur doaen IAIN Palu tersebut.

Setelah sekitar 3 jam gotong royong, air drainase yang tersumbat mulai lancar kembali. Menurut Rizaldi ketua DPD PKS Kota Palu yang juga ikut membantu berencana akan membangun kembali drainase yang rusak.

“InsyaAllah setelah dibersihkan, drainase yang rusak ini akan kita bangun kembali”, ungkap Anggota DPRD Kota Palu tersebut.