Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

Platform PKS Selaras dengan Konstitusi Nasional

07 Oct 2016 | 15:27 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman berbicara dalam Seminar Kebangsaan MPR RI tentang Partai Politik di Indonesia di Gedung Ukumearek Asso, Wamena, Papua, Kamis (6/10/2016) (foto: Humas PKS Papua)

Pidato Presiden PKS

Mohamad Sohibul Iman,Ph.D.

Wamena, Papua 6 Oktober 2016

Assalamualaikum Wr Wb
Salam Sejahtera untuk Kita Semua
Wa Wa Wa Wa Wa, (Salam dalam Bahasa Papua)

Saya berbahagia sekali bisa hadir di Bumi Papua, dan secara khusus di Kota Wamena. Karena Bumi Papua ini sedemikian terkenal dimana-mana sebagai tempat yang sangat indah, subur, makmur dan masyarakatnya yang ramah sehingga setiap orang yang pernah berkunjung kesini pasti banyak yang merindukan untuk hadir kembali ke Bumi Papua.

Saya pun rindu untuk kembali lagi ke Papua. Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena saya berkesempatan untuk berkunjung lagi ke Papua untuk ketiga kalinya. Bahkan, kalau dihitung dengan Papua Barat, kali ini adalah yang keempat kalinya.

Yang saya hormati rekan-rekan Fraksi PKS MPR RI, DPP, DPW, DPD, dan para pejabat eksekutif-legislatif Papua serta seluruh keluarga besar PKS Papua yang saya banggakan.

Hari ini kita mengadakan Seminar Kebangsaan. Ini merupakan suatu momentum penting bagi kita untuk lebih bisa memahami, menghayati dan memotivasi kita semua tentang makna kebangsaaan, nasionalisme dan tentunya memahami bagaimana platform PKS sebagai partai politik dalam berjuang membangun bangsa dan secara khusus di Bumi Papua.

Kita semua memahami bahwa UUD 1945 merupakan konsensus yang sudah kita sepakati bersama sebagai konstitusi NKRI. Dalam alinea ke- 4 Pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa tujuan kita bernegara adalah untuk melindungi segenap rakyat Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam menjaga ketertiban dunia yang didasari oleh lima prinsip Pancasila.

Konstitusi telah mengamanatkan bahwa negara harus hadir dalam setiap denyut nadi persoalan rakyat. Rasa aman, rasa terlindungi merupakan fitrah, kehendak dasar setiap manusia. Maka untuk itu negara wajib hadir dalam menyediakan rasa aman dan terlindungi untuk setiap warga negara, tidak membedakan latar belakang, suku, agama atau pilihan politiknya.

Kita bernegara juga berjanji untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Negara harus bisa berikan hak hak dasar untuk hidup layak. Negara harus hadir untuk sediakan hak hak dasar agar rakyat bisa belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan.

Negara juga harus mampu memberikan pelayanan kesehatan sehingga rakyat Indonesia hidup lebih sehat dan bisa berkontribusi dan berkarya utk membangun bangsanya. Bahkan, bisa ikut serta dalam berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

Jika kita membaca kembali Platform PKS, maka Platform PKS itu adalah sama dengan apa yang sudah tercantum dalam pembukaan konstitusi.
PKS berkomitmen untuk senantiasa hadir menjadi Pelopor dalam merealisasikan tujuan bernegara yang sudah diamanatkan dalam pembukaan konstitusi.

PKS sebagai salah satu entitas Partai Politik punya peran besar dalam merealisasikan tujuan hidup berbangsa dan bernegara. Dan patut kita catat, bahwa dalam konstitusi kita, Partai Politik itu punya tempat yang luar biasa.

Mari kita baca kembali konstitusi kita. Di pasal 6A dijelaskan bahwa Calon Presiden dan Wakil Presiden diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. Hal ini menunjukan bahwa partai politik adalah satu satunya jalan bagi regenerasi kepemimpinan nasional. Baik buruknya kepemimpinan nasional ditentukan oleh baik buruknya partai politik dalam mempersiapkan kepemimpinan nasional.

Di pasal yang lain dalam konstitusi, juga dijelaskan bahwa hanya partai politik yang bisa ikut dalam pemilihan umum legislatif dari DPRD hingga DPR RI. Dan sebagaimana kita ketahui, DPR sebagai lembaga legislatif memiliki peran sentral dalam proses pengawasan pemerintah, legislasi dan kebijakan anggaran. Begitu sentralnya peran partai politik, maka sudah seharunya kita para pegiat politik harus mampu mengemban misi kepercayaan rakyat ini dengam sebaik-baiknya. Warna masa depan bangsa ini sangat dipengaruhi oleh kiprah partai politiknya.

Saudara-Saudaraku, Bapak Ibu Hadirin yang Kami Hormati

Partai politik memang memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa dan negara. Kepercayaan ini harus kita rawat dengan baik. Partai politik harus mampu mengoptimalkan peran-peran strategisnya. Optimalisasi peran inilah yang kita harapkan, sehingga Partai Politik mampu kembali membangun kredibilitasnya di hati rakyat Indonesia. Dalam konteks inilah, PKS diharapkan bisa menjadi pelopor dalam mengoptimalkan peran itu.

Dalam UU Partai Politik, ada beberapa peran strategis partai yang harus kita jalankan dengan sungguh-sungguh.

Pertama, partai politik adalah sebuah sarana untuk melakukan pendidikan politik di masyarakat. PKS meyakini bahwa semakin cerdas rakyat Indonesia semakin mudah mereka menyampaikan dan mengawal aspirasinya sehingga kita bisa optimal memperjuangkannya aspirasi mereka.

Edukasi politik kepada masyarakat harus menjadi kerja-kerja nyata di tengah-tengah masyarakat. Semua pengurus dan keluarga besar PKS tidak boleh bosan bosan untuk turun ke lapangan menyapa dan bersosialisasi dengan masyarakat.

Kedua, Partai harus menjadi tempat yang efektif dalam menampung dan mengolah aspirasi, pemikiran, gagasan yang berkembang di masyarakat. Saya dapat cerita dari Kakak kita, Yudi Kotouky, Anggota DPR FPKS yang merupakan putra asli Papua, bahwa masyakarakat Papua dikenal sebagai masyarakat yang sangat tahu berterimakasih dan tidak pernah melupakan budi baik orang lain. Dan saya menyaksikan langsung disini bahwa kabar itu memang benar adanya. Mari kita berikan khidmat terbaik kita kepada rakyat Papua, dan saya yakin rakyat Papua tidak akan melupakan budi baik PKS, InsyaAllah.

Ketiga, parpol harus menjadi wahana lahirnya calon calon pemimpin bangsa terbaik baik di level lokal maupun nasional. PKS sangat berkomitmen terkait kaderisasi kepemimpinan ini. Kita punya program Training Orientasi Partai (TOP) dan Sekolah Kepemimpinan Partai hingga empat level sebagai program unggulan peningkatan kapasitas kepemimpinan kader-kader PKS. Sebagai Partai Kader, PKS juga senantiasa aktif terlibat dalam proses terjadinya konsolidasi politik dan regenerasi kepemimpiman baik di tingkat lokal maupun nasional.

Keempat, parpol harus menjadi medium terciptanya iklim yang kondusif dan bisa menjadi perekat berbagai perbedaan dan keanekaragaman. Saat kemarin saya dan Pak Prabowo melaunching Kandidat Pilgub DKI PKS-Gerindra, yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno, saya titipkan pesan kepada kader dan masyarakat secara umum bahwa kita harus bisa hadirkan politik yang sejuk,damai dan tidak memicu semangat permusuhan. Apalagi zaman media sosial seperti sekarang, mudah sekali memantik sikap saling bermusuhan. Kita tunjukan bahwa meskipun kita berbeda pilihan politik, kita tetap bisa bekerjasama dalam memajukan bangsa.

Jika peran-peran parpol itu dijalankam dengan konsekuen dan konsisten, InsyAllah kita akan bisa membangun kredibilitas Partai di mata masyarakat. Dan kita harapkan bersama agar PKS mampu menjadi pelopor untuk memperjuangkan peran-peran tersebut.

Semoga Pengurus dan keluarga besae PKS bisa mampu memenuhi harapa rakyat Indonsia, dan secara khusus rakyat Papua. InsyaAllah.

Wassalamualaikum wr wb

Salam Sejahtera untuk Kita Semua

Wa Wa Wa Wa (Salam dalam bahasa Papua)