Berita PKS

PKS Usulkan Tiga Langkah Strategis untuk Bangun Industri Mobil Nasional

11 Sep 2019 | 14:59 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera

Jakarta (11/09) -- Maraknya pembahasan tentang mobil Esemka, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera berikan tiga langkah strategis kepada pemerintah agar pengembangan industri mobil dan motor nasional dapat mewujudkan kemandirian sarana transportasi nasional.

"Membangun pusat litbang motor dan mobil nasional, yang mengintegrasikan penguasaan Iptek mobil dan motor berkualitas dengan pembangunan industrinya, membuat roadmap. Penguasaan Iptek ini menjadi syarat utama ketika pemerintah sungguh-sungguh," terang Mardani di Jakarta, Rabu (11/09).

Langkah kedua, masih menurut Mardani, pemerintah harus memperhatikan kesiapan SDM, Infrastruktur dan pemasok bahan baku.

"Pemerintah juga harus membangun industri penyangga sebagai penunjang dan pemasok bahan baku antara dalam negeri, serta jasa engineering untuk industri mobil dan motor nasional yang akan dibangun. Agar terbangun ketahanan mata rantai nasional Indonesia yang kokoh," terangnya.

Terakhir, Mardani mengingatkan untuk dibentuknya aturan hukum yang melindungi dan menjamin terlaksananya peningkatan daya saing melalui proses peningkatan secara terus menerus. Hal ini menurut Mardani, dapat memangkas aturan-aturan dan birokrasi yang menghambat tumbuhnya proses inovasi dikalangan industrialisasi trasnportasi.

"Dalam praktiknya, Pemerintah bisa mempelajari langkah-langkah yang dilakukan Pak Habibie dalam membangun industri pesawat terbang Nusantara dahulu. kalau untuk membangun industri pesawat terbang saja kita bisa, apalagi hanya industri mobil dan motor," katanya.

Sebagai langkah awal, Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS ini mengusulkan pemerintah bisa memulai dengan membuat mobil dan motor listrik nasional.

"Mengapa industri mobil dan motor listrik? Karena selain ramah lingkungan, kita memiliki stok bahan baku yang melimpah. Indonesia merupakan salah sat negara yang memiliki deposit nikel terbesar di dunai. Cocok untuk baterai mobil listri yang menggunakan nickel metak hydrate dengan kadar nikel lebih dari 70%," tutupnya.


Berita Terkait