Berita PKS

PKS Resmikan Empat Bank Sampah Sejahtera di Kemiling

30 May 2016 | 10:32 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Lampung (30/5) -- PKS Bandar Lampung resmikan Bank Sampah Sejahtera di Kelurahan Sumber Rejo Kemiling, tepatnya di Kantor Pusat Khidmat PKS Kemiling Bandar Lampung, Minggu (29/5). Peresmian Bank Sampah ini merupakan komitmen PKS dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengolahan sampah.

Muhammad Imron Rosadi, selaku Ketua DPC PKS Kemiling menjelaskan, Bank Sampah merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah sampah yang ada di Kota Bandar Lampung sekaligus menjadi solusi peningkatan ekonomi kerakyatan di Kecamatan Kemiling.
Imron juga mengatakan sampah yang susah untuk ditanggulangi adalah sampah plastik, karena sampah tersebut tidak bisa hancur dan menyatu dengan tanah.

"Makanya PKS, khususnya Pusat Khidmat di Kecamatan Kemiling ini terdorong untuk membuat dan mengembangkan Bank sampah, yang berfungsi mengatasi sampah plastik yang masih ada nilai ekonomis dan manfaatnya," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Bandar Lampung Aep Saripudin saat meresmikan empat Bank Sampah Sejahtera Kemiling mengatakan, Hadirnya bank sampah di Kemiling merupakan bentuk nyata khidmat PKS kepada masyarakat dan ini juga menjadi pilihan bagi masayarakat sekitar untuk memanfaatkan sampah yang dihasilkannya menjadi bernilai ekonomis dengan menyetorkannya ke bank sampah atau justru membuangnya begitu saja.

Aep juga menjelaskan bahwa bank sampah adalah tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pengepul sampah atau diolah menjadi kerajinan dari sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Aep berharap, Bank Sampah Sejahtera ini nantinya tidak hanya didirikan di Kecamatan Kemiling saja tetapi juga akan didirikan di seluruh Kecamatan di Bandar Lampung.

“Harapan kami adalah setiap Kelurahan yang ada di Bandar Lampung dapat terbentuk satu bank sampah sejahtera, dan tahun 2016 ini target kami bisa membentuk minimal 10 Bank Sampah Sejahtera,” ujar Aep.

Bagi warga yang ingin menabung sampah dapat dilakukan pada hari sabtu pukul 16.00 - 17.30 WIB di setiap unit Bank Sampah Sejahtera. Saat ini terdapat empat Bank Sampah Sejahtera yang berokasi di Pasar Tani, Pal 10, Gang Terong dan Bukit Kemiling Permai. Jenis sampah yang dapat ditabung adalah gelas plastik, botol plastik, kertas/koran, kardus, kaleng, besi alumunium dan botol kaca.