Berita PKS

PKS Napak Tilas Perjuangan Wali Songo, Kuatkan Energi Positif untuk Memelihara Bangsa

28 Feb 2019 | 14:00 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Habib Salim Segaf Al Jufri (dok PKSFoto)

Mojokerto - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri melakukan safari sejarah dakwah dengan berziarah ke makam-makam walliyulloh, antara lain berziarah ke makam Sunan Gresik, Sunan Drajat, dan Sunan Bonang, kemudian Syaikh Jumadil Kubro di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Syaikh Jumadil Kubro dikenal sebagai penghulu para waliyullah yang sering kita sebut wali songo. Putra beliau adalah Sunan Gresik, Cucunya adalah Sunan Ampel. Cicitnya adalah Sunan Bonang dan Sunan Drajat. Serta Sunan Giri, dan Sunan Gunung Jati. Sedangkan Sunan Muria dan ayahnya, Sunan Kalijaga, adalah keturunan dari adik Syaikh Jumadil Kubro yang juga berdakwah bersama beliau.

"Ini waliyullah yang sangat berjasa menyebarkan agama kita di Nusantara. Islam yang rahmatan lil'alamin. Anak keturunannya pun menjadi para wali dan raja-raja di Nusantara. Penuh barokah. Semangat perjuangannya harus kita lanjutkan," tutur Habib Salim di Jawa Timur, Rabu (27/2).

Syaikh Jumadil Kubro mulai menyebarkan Islam di Nusantara pada masa Majapahit. Mulai Malaka, Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi telah tersentuh oleh dakwahnya.

Habib Salim juga mengajak umat Islam untuk meneladani perjuangan para waliyullah dalam mengamalkan ajaran Islam yang rahmatan lil'alamin di Bumi Nusantara.

Sumber: beritasatu.com