Berita PKS

PKS Kota Semarang Gunakan Besek dan Daun Jati untuk Daging Kurban

13 Aug 2019 | 15:15 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Semarang (13/08) -- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang melakukan pembagian daging kurban dengan menggunakan besek dan daun jati untuk mengurangi penggunaan plastik.

Kegiatan yang diperuntukkan untuk masyarakat sekitar tersebut digelar pada Ahad (11/8/2019) di lingkungan kantor DPD PKS Kota Semarang, Jalan Pusponjolo Timur raya 33 Kelurahan Bojongsalaman, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono dalam keterangannya mengatakan pihaknya menghimbau semua struktur tingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) untuk meminimalisir penggunaan plastik sebagai bungkus daging kurban.

“Kami mengimbau untuk struktur melakukan penyembelihan hewan kurban, kita meminimalisir penggunaan plastik, karena plastik bisa merugikan lingkungan hidup, sehingga hari ini, DPD PKS Kota Semarang membagi hewan kurban dengan besek,”katanya.

Kedepan, imbuh Suharsono, dirinya berharap seluruh masyarakat bisa memiliki kesadaran untuk meminimalisir penggunaan plastik dan memperbanyak yang ramah lingkungan.

Senada dengan Suharsono, pegiat bank sampah resik becik Kota Semarang yang juga kader PKS Ika Yudha Kurnia Sari mengapresiasi penggunaan bungkus daging kurban ramah lingkungan yang diselenggarakan DPD PKS Kota Semarang.

“Pada kurban tahun 1440 hijiriyah ini, Alhamdulillah, kami bisa berniat betul menjadi pionir untuk memulai melakukan kurban dan pembagian kurban yang ramah lingkungan. Jadi ini kami siapkan wadah dari besek, kemudian alas juga dari daun jati,”kata dia.

Lebih lanjut, Ika mengatakan penggunaan bungkus ramah lingkungan tersebut dilakukan untuk mengurangi permasalahan lingkungan yang timbul akibat plastik.

“Makanya kami mencoba melakukan sesuatu untuk mengurangi sampah  plastik yang semakin menjadi masalah lingkungan, saya pribadi dari bank sampah resih becik sangat mengapresiasi kegatan ini karena kita mencoba mulai berbuat sesuatu semampu ita, semoga semakin banyak yang mengikuti,”pungkasnya.

PKS Kota Semarang sendiri menyalurkan sebanyak 22 ekor sapi, 148 ekor kambing dan 425 bungkus daging kurban yang disalurkan untuk masyarakat Kota Semarang.


Berita Terkait