Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

PKS Jakarta Targetkan Juara Nasional Lomba Kitab Kuning 2017

07 Oct 2017 | 19:22 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (6/10) -- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI bekerjasama dengan Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta melanjutkan tradisi tahunan dengan menggelar Lomba Baca Kitab Kuning Jilid II Tingkat Nasional 2017.

Dengan dukungan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS, lomba ini diadakan di hampir seluruh provinsi di tanah air, salah satunya adalah DKI Jakarta.

Untuk merealisasikan program baik tersebut Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta menyelenggarakan babak penyisihan Lomba Kitab Kuning di Aula DPW PKS, Minggu (8/10).

Ketua Pelaksana Lomba Kitab Kuning Jilid II DPW PKS DKI Jakarta, Herie Marjanto merasa bersyukur atas terselenggaranya lomba ini.

"Ini adalah dalam rangka kita menghargai, mencintai, dan mengenang para ulama yang telah mengajarkan agama melalui perantara Kitab Kuning dengan tujuan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," jelas Herie di Jakarta, Jumat (6/10).

Oleh karena itu, Ketua Bidang Pembangunan Umat (BPU) DPW PKS DKI Jakarta itu juga berterima kasih kepada ulama di DKI Jakarta, yang telah mengirimkan santrinya untuk mengikuti lomba ini.

"Kita bersyukur tahun ini, jumlah peserta naik hampir dua kali lipat. Dari 50 peserta di 2016, naik menjadi 89 peserta tahun ini. Ini melebihi target yang telah kita lalui," tambahnya.

Sebelumnya pada Lomba Kitab Kuning Jilid I tahun 2016, peserta dari DKI Jakarta bernama Ahmad Humaidi memeroleh Juara III Nasional. Ia mengalahkan ratusan peserta dari provinsi lain.

"Dengan demikian kita menargetkan tahun ini bisa menjadi juara nasional. Mudah-mudahan kita bisa raih itu," ujarnya

Lebih lanjut Herie menambahkan PKS DKI Jakarta tidak membatasi untuk menerima pendaftaran dari para santri dari beberapa pondok pesantren. Ada kuota sekitar 25 persen, bagi pesantren di sekitar Jakarta untuk mengirim peserta dan lebih diprioritaskan pesantren yg berdomisili di Jakarta.

"Termasuk juga pondok pesantren dari ormas apapun, seperti NU, Muhammadiyah, PERSIS, dan sebagainya. Kita sangat terbuka sekali menerima utusan untuk ikut lomba ini," tuturnya.

Herie berharap lomba kali ini peserta bisa lebih antusias dan menjadi salah satu sarana masyarakat untuk mencintai ilmu melalui Kitab Kuning.

Sebagai tambahan, Kitab Kuning yang dilombakan yakni Kitab Fathul Mu'in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-malbary.

Sementara kriteria penilaian meliputi tiga hal, yaitu Kefasihan (Makhrajul huruf, Sur’ah Thabi’iyah, dan Tanhim), Kebenaran Membaca (Binyah Sharfiyah, Tarakib Nahwiyah, Alamat I’rab), dan Pemahaman Makna (Ma’na Almufradat, Ma’na Aljumal, dan Ma’na Addalah).

Herie menambahkan dalam perlombaan kali ini panitia telah mempersiapkan hadiah istimewa bagi para pemenang.

"Juara I Nasional berhadiah Umrah ke tanah suci, Juara II Nasional berhadiah uang tunai 20 Juta Rupiah dan Juara III Nasional berhadiah uang tunai 15 Juta Rupiah. Sedangkan utk penyisihan disediakan hadiah bernilai jutaan rupiah" pungkasnya.