Berita PKS

PKS Gelar Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Jabar

16 Dec 2017 | 16:52 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Plt Ketua DPW PKS Jawa Barat Nur Supriyanto (dok Humas PKS Jabar)

Jakarta (16/12) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menginstruksikan struktur dan kadernya se-Jawa Barat untuk membantu korban gempa bumi. Instruksi tersebut sebagai bentuk aksi kemanusiaan PKS terhadap musibah yang menimpa masyarakat Jawa Barat.

"Sehubungan dengan terjadinya gempa bumi pada tanggak 15 Desember 2017 pukul 21.47 WIB dengan pusat gempa 45 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat. DPW PKS JABAR menginstruksikan pelaksanaan Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Bumi Jawa Barat," ujar
Plt Ketua DPW PKS Jawa Barat Nur Supriyanto, Sabtu (16/12/2017).

Supriyanto mengatakan, aksi kemanusiaan mulai digelar serentak sejak 17 hingga 31 Desember 2017 mendatang. Instruksi tersebut terbagi dua, yaitu kepada DPD PKS di kabupaten/kota yang wilayahnya terkena dampak gempa, dan DPD PKS kabupaten/kota yang tidak terkena dampak.

Kepada wilayah terkena dampak gempa bumi, Supriyanto menegaskan, DPW PKS Jawa Barat menginstruksikan agar DPD PKS di Kabupaten/kota tersebut mengaktifkan Rumah Siaga dan Tanggap Bencana serta Pusat Khidmat PKS dalam melakukan aksi kemanusiaan, melakukan pendataan dan pelaporan sesuai dengan format terlampir, dan melakukan dokumentasi aksi kemanusiaan untuk korban gempa bumi.

"Lalu mempublikasikan kegiatan aksi kemanusiaan Rumah Siaga dan Tanggap Bencana serta Pusat Khidmat PKS melalui media cetak, media elektronik, dan atau media online," jelasnya.

Sementara untuk wilayah yang tidak terkena dampak, Supriyanto menegaskan, DPW PKS Jawa Barat menginstruksikan DPD PKS di kabupaten/kota tersebut untuk melakukan aksi penggalangan dana untuk aksi kemanusiaan untuk korban gempa bumi.

"Sedapat mungkin menggunakan branding di lokasi penggalangan dana untuk aksi kemanusiaan tersebut dalam bentuk pemasangan spanduk Rumah Siaga dan Tanggap Bencana-Pusat Khidmat PKS. Lalu menyampaikan dana yang digalang langsung ke DPD terkena dampak atau melalui DPW. Dan semua DPD PKS Kabupaten/Kota untuk melaporkan kegiatan di atas kepada DPW PKS Jawa Barat," imbuh Supriyanto.