Berita PKS

PKS dan Prabowo-Sandi Kuasai Turki

18 Apr 2019 | 09:22 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Suasana perhitungan suara Pemilu Luar Negeri di Turki, Rabu (17/04/2019). (dok PIP PKS Turki)

Ankara (17/04/2019) -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi peraih suara terbanyak dalam Pileg di Turki. Pada Pemilu 2019, PKS berhasil mendapatkan kepercayaan diaspora Indonesia di Turki dengan mengumpulkan 354 suara dari total 756 jumlah suara sah.

Selain PKS menjadi pemenang, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 02 Prabowo-Sandi juga menang mutlak di Turki. Pasangan Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf hanya berhasil mengumpulkan 559 suara dari total 1680 surat suara atau 33,27% . Sementara itu pasangan Indonesia Adil-Makmur Prabowo-Sandi nomor urut 02 berhasil membandrol sisa surat suara dengan kemenangan 66,73% atau sebanyak 1121 suara dari total surat suara yang sah.

Penghitungan hasil Pemilihan Umum yang diselenggarakan di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ibukota Ankara dan Kantor Konsulat Jendral Republik İndonesia (KJRI) di İstanbul-Turki, Rabu (17/4/2019).

Ketua PIP PKS Turki Fauzi Ahmad mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah atas kepercayaan masyarakat Indonesia di Turki kepada Prabowo-Sandi dan PKS.

"Semoga PKS dapat terus memperjuangkan aspirasi ummat dan menebarkan manfaat di manapun berada. Kemenangan ini tidak terlepas dari usaha keras dan bantuan dari para kader di lapangan serta dukungan masyarakat yang menginginkan perubahan atas segala permasalahan yang sedang dihadapi bangsa dan negara kita  hari ini," papar Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (18/4/2019).

Fauzi menyebut, program-program yang ditawarkan oleh PKS juga menjadi tawaran baru bagi “wong cilik” untuk mewujudkan keadilan dalam kehidupan bernegara berupa pembebasan pajak bagi pegawai berpenghasilan menengah ke bawah, dan juga pembebasan pajak bermotor bagi masyarakat berpenghasilan kecil.

"Kemenangan PKS dan koalisi di Turki kali ini juga telah menjadi kemenangan beruntun setelah 2014 yang lalu masyarakat Indonesia di Turki juga memberikan suara yang signifikan kepada PKS dan koalisi," papar dia.

Fauzi menuturkan di TPS KBRI Ankara PKS meraih 46.82 persen suara sementara di TPS KJRI Istanbul PKS meraih kemenangan dengan 42.2 persen suara.