Berita PKS

Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Sinergi untuk Pembangunan yang Masih Timpang

13 Feb 2018 | 10:07 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Bandung (12/2) – Anggota MPR RI Adang Sudrajat menekankan kepada masyarakat untuk turut aktif selalu memperhatikan bahkan kalau perlu terlibat pada proses-proses pembangunan di segala bidang. Peran masyarakat bekerja sama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah akan semakin meningkatkan keterlibatan dan tanggung jawab bersama berkaitan dengan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Ia mencontohkan pada pembangunan di bidang kesehatan yang belum merata.

“Pembangunan kesehatan saat ini masih dalam suatu proses perjalanan yang masih panjang. Perlu upaya yang lebih maksimal agar masyarakat mendapat pemerataan kesehatan baik pelayanan maupun tindakan”, ujar politisi PKS yang juga dokter ini di Desa Cipelah, Rancabali Kabupaten Bandung, Senin (12/2/2018).

Kurangnya minat tenaga kesehatan untuk bekerja di daerah terpencil, kata dia, mempunyai andil yang besar terhadap rumitnya permasalahan berkaitan dengan pemerataan tenaga kesehatan. Pemerintah daerah sesuai UU No. 32 Tahun 2004 mempunyai kewenangan dan tanggung jawab penuh dalam mengatur sektor kesehatan di wilayahnya termasuk dalam pengelolaan tenaga kesehatan.

"Dengan adanya desentralisasi menyebabkan adanya transfer kekuasaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, maka perlu sinergi yang sangat baik antara pemerintah pusat dan daerah agar harmoni pembangunan berjalan dengan baik," ungkapnya.

Melalui sosialisasi MPR ini, Adang mengajak seluruh masyarakat agar terlibat pada program-program pengabdian sehingga tenaga pembangunan berasal dari masyarakat setempat. Selain itu pemerintah pusat dapat memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dengan mencetak institusi-institusi pendidikan yang terstandar di berbagai wilayah sehingga dapat mencetak lebih banyak lagi lulusan tenaga kesehatan.

“Saya berharap, suluruh warga Kabupaten Bandung khususnya, dan seluruh Indonesia Umumnya, mampu terlibat pada proses-proses pemerataan pembangungan utamanya pembangunan bidang kesehatan. Saya pribadi akan terus terlibat dalam mensinergikan antara pemerintah pusat dengan daerah agar terjadi keselarasan yang baik pada kelancaran pembangunan ini,” pungkas dokter Adang Sudrajat.

Dalam sosialiasi empat pilar yang bertemakan Sinergi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam Pemerataan Pembangunan itu diikuti sekitar 300 peserta yang berasal dari tokoh masyarakat, pemuda penggerak desa hingga aktivis kesehatan.

Sosialisasi empat pilar MPR ini, Adang didampingi oleh wakil bupati Bandung Gun Gun Gunawan dan ketua DPD PKS Kabupaten Bandung Jajang Rohana.