Berita PKS

Pasca Karhutla PKS Kalteng Berikan Tiga Rekomendasi Program

10 Oct 2019 | 12:45 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Palangka Raya (10/10) -- Seiring dengan turunnya hujan di Kalimantan Tengah, kabut asap semakin berkurang. Hal ini pun disambut suka cita oleh masyarakat Kalimantan Tengah termasuk Ketua Umum DPW PKS Kalimantan Tengah, Heru Hidayat.

"Kita semua patut bersyukur dengan intensitas hujan saat ini yang mengurangi kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah," ungkap Heru Hidayat, Rabu (09/10/2010) kemarin di Palangka Raya.

Setelah membersamai masyarakat selama bencana asap melanda, Heru menuturkan PKS memberikan tiga rekomendasi program pasca terjadinya KARHUTLA kepada pemerintah.

"Ada tiga rekomendasi sebagai upaya nyata untuk membantu masyarakat pasca terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah terutama pemerintah daerah. Pertama, upaya melakukan pemulihan (recovery) kondisi warga yang terdampak asap karlahut dengan layanan kesehatan, pembagian makanan/minuman sehat, serta memberi vitamin bagi anak-anak," terang Heru.

Selain itu, PKS menurut Heru juga akan fokus pada program edukasi dan pencegahan bencana. Agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi kembali dikemudian hari, masih kata Heru.

"Edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla yang tidak terkendali dan dampaknya disemua sektor kehidupan bagi masyarakat. Kesadaran akan pentingnya menjaga dan pengawasan melekat dari masyarakat agar tidak ada bencana yang membahayakan dan mengganggu," lanjutnya.

Oleh karenanya, Heru menyatakan momentum untuk terus memberikan edukasi sejak dini kepada masyarakat adalah bagian dari upaya bersama dalam menjaga lingkungan yang aman dan tidak terulang kembali di tahun yang akan datang ungkap mantan aktivis mahasiswa UPR ini.

"Ketiga adalah gerakan penanaman pohon secara masif di masyarakat. Mengapa harus menanam pohon? Karena penanaman pohon menjadi bagian dari solusi jangka panjang untuk menghasilkan kelestarian alam dan lingkungan yang asri. Selain itu dengan penanaman pohon akan menambah sumber oksigen, menjadi penyejuk di saat Matahari bersinar dengan teriknya. Mampu mengurangi dampak pemanasan global, pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global. Dengan menanam pohon maka mampu menyimpan air dalam tanah, dan air yang disimpan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya," katanya.

Heru berharap, dengan adanya tiga rekomendasi program tersebut akan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat dan lingkungan.

"Kami berharap dengan adanya rekomendasi ini, agar kita bisa mewujudkan Kalimantan Tengah yang hijau dan lestari secara berkelanjutan. Sehingga kelak 10 tahun yang akan datang akan mampu memberi manfaat bagi warga dunia," tutup mantan Anggota DPRD Kalteng ini.


Berita Terkait