Berita PKS

Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta Momentum Perbaikan Tata Kelola Laut

26 Apr 2016 | 15:11 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (25/04) – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Andi Akmal Pasluddin menegaskan moratorium reklamasi Teluk Jakarta seharusnya menjadi sebuah momentum perbaikan tata kelola laut dan pesisir Indonesia.

“Moratorium Reklamasi teluk Jakarta harus menjadi momentum untuk perbaikan tata kelola laut dan pesisir Indonesia. Tata Kelola ini wajib hukumnya sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat, khususnya para nelayan yang menjadi pemasok kebutuhan protein dalam negeri”, ujarnya di Jakarta, Senin (25/4/2016).

Dirinya telah menyampaikan di depan menteri Kelautan dan Perikanan agar reklamasi teluk jakarta bukan saja dihentikan sementara. Namun moratorium ini harus dipermanenkan demi lingkungan yang lebih luas dan keberpihakan kepada rakyat.

“Jika aturan dapat dikondisikan demi meloloskan sebuah rencana besar, misal melalui izin AMDAL reklamasi teluk Jakarta, maka itu hanyalah sebuah penghianatan akan nilai luhur undang-undang perlindungan dan pemberdayaan nelayan,” ucap Akmal.

Seperti diketahui, pada senin sore, 18 April 2016, pemerintah melalui Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya menyepakati moratorium teluk jakarta. Namun arah moratorium ini bersifat sementara dan akan dilakukan upaya agar mendapatkan kekuatan hukum sehingga reklamasi teluk Jakarta dapat terus berlanjut.

“Saya berharap, moratorium reklamasi teluk Jakarta ini dijadikan momentum perbaikan tata kelola laut dan pesisir di seluruh Indonesia. Kita semua harus mengambil pelajaran pada setiap kejadian, sebagai dasar memberikan pelayanan kepada masyarakat dari aspek pemerataan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia”, pungkasnya.