Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

Lomba Tari Yosim Pancar Meriahkan Peringatan HUT RI ke-71 PKS Papua

18 Aug 2016 | 09:53 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Lomba Tari Yosim Pancar PKS Papua

Papua (18/7) - Peringati HUT RI ke-71, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Papua menggelar berbagai kegiatan di Kampung Wonorejo, Distrik Manem, Kabupaten Keerom yang langsung berbatasan dengan wilayah negara tetangga Papua Nugini (PNG), Rabu (17/8/2016).

Kegiatan yang langsung dihadiri oleh Ketua MPW PKS Papua, Suherman, SH dan Sekretaris DPW PKS Papua Dadi Waluyo diawali dengan upacara pengibaran bendera yang dilanjutkan dengan drama teatrikal yang menggambarkan perjuangan warga mempertahankan kemerdekaan dan dimeriahkan dengan sejumlah lomba, pembagian doorprize, dan kupon yang bisa ditukarkan kepada para pedagang snack dan makanan.

“Berbagai lomba digelar seperti lomba tarian Yosim Pancar, memasak dengan menggunakan bahas non-beras, hingga lomba panjat pinang,” ungkap Dadi Waluyo.

Lomba tarian Yosim Pancar yang merupakan tarian khas Papua, menurut Dadi, menjadi bukti bahwa PKS bisa membaur dengan budaya lokal Papua. Selain itu, lomba memasak dengan bahan non-beras merupakan bentuk dukungan PKS terhadap program diversivikasi bahan pangan, di mana di Papua terdapat sumber bahan pokok lain seperti sagu, umbi-umbian, dan juga singkong.

Kegiatan pun berlangsung hingga malam dengan kegiatan malam pentas kemerdekaan dan dilakukan pengumuman pemenang lomba, serta pembagian hadiah dan doorprise.

Kegiatan ini disambut luas oleh warga masyarakat, pemerintah tingkat kampung dan tingkat distrik, dan bahkan oleh anggota TNI yang bertugas di Pangamanan Daerah Perbatasan (Pamtas) RI-PNG.