Berita PKS

Lagi, F-PKS Suarakan Pembelaan Palestina di Forum Dunia

17 Dec 2018 | 11:45 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini (dua dari kiri) bersama Penasehat Presiden Turki dan Penasehat Emir Qatar (dokpri)

Turki (17/12) -- Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini menyampaikan pendapatnya dalam Forum Parlemen Dunia untuk Palestina dan Al-Quds.

Dalam Konferensi Parlemen untuk Baitul Maqdis yang dihelat di Turki pada Sabtu-Ahad, 15-16 Desember 2018 ini, Jazuli mengatakan permasalahan Palestina adalah permasalahan kemanusiaan dan hak asasi manusia untuk hidup.

"Pertama, saya sepakat dengan sahabat saya dari India ini. Bahwa permasalahan Palestina bukan hanya permasalahan kaum Muslimin dan Al-Aqsha saja, tapi permasalahan kemanusiaan. Permasalahan tentang kebebasan manusia untuk hidup," ungkap Politisi PKS ini.

Dalam kesempatan itu, Jazuli mengajak seluruh elemen berusaha mencari jalan keluar untuk kemerdekaan Palestina.

"Maka dari itu, seluruh rakyat, seluruh parlemen, juga pemerintah di dunia internasional. Kita sama-sama berusaha dengan sungguh-sungguh mencari jalan keluar untuk pembebasan Palestina dalam mencapai kemerdekaannya," imbuhnya.

Sesuai amanat UUD 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, Jazuli mengatakan Indonesia selalu terdepan membela Palestina, termasuk membuat panitia khusus terkait isu Palestina.

"Alhamdulillah, kami Indonesia memiliki panitia khusus untuk membahas isu Al-Quds atau Palestina," imbuhnya.

Forum yang dihadiri sekitar 50 anggota parlemen ini didukung penuh Parlemen Turki dan bahkan dibuka oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Forum ini melahirkan komitmen untuk membentuk kaukus parlemen guna mendukung Palestina dalam segala tingkatan.