Berita PKS

Komisi X: Efisiensi Dana, Jangan Kurangi Kualitas Penyelenggaraan Asian Games 2018

09 Mar 2018 | 10:58 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (8/3) – Abdul Fikri, Wakil Ketua Komisi X DPR RI mengatakan efisiensi anggaran Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) jangan sampai mengurangi kualitas penyelenggaraan event besar tersebut. Kementerian Pemuda dan Olahraga tengah meninjau penambahan anggaran INASGOC sebesar Rp 1,1 triliun.

Keputusan peninjauan anggaran sebesar Rp 1,1 triliun tersebut muncul setelah dilakukan rapat Asian Games di Kantor Kepresidenan pada Selasa, 6 Maret 2018 lalu dan Menpora menyatakan hasil peninjauan tersebut akan diumumkan pecan depan.

“Pagu definitif Kemenpora dalam APBN 2018 adalah Rp 5,037 triliun yang termasuk di dalamnya terdapat anggaran INASGOC sebesar Rp 1,790 triliun. Memang dalam kunjungan lapangan Komisi X ke Kantor INASGOC mereka menyatakan kebutuhan untuk tahun ini Rp 2,7 triliun, sehingga kurang Rp 1,1 triliun,” paparnya.

Menurutnya, efisiensi yang dilakukan pemerintah akan baik sepanjang tidak mengurangi kualitas penyelenggaraan Asian Games sebagaimana standard penyelenggaraan yang ditetapkan oleh Olympic Council of Asia (OCA). “Kami mendukung pemerintah, Kemenpora dan INASGOC dalam mewujudkan empat suskses Asian Games 2018; Sukses Penyelenggaraan, Sukses Administrasi, Sukses Prestasi, dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi,” ujar Anggota Fraksi PKS tersebut.

Ia berharap efisiensi ini bukan dalam rangka melakukan penghematan karena sedang pemerintah sedang kesulitan pendanaan. Ia pun mengingatkan, jika akan ada tambahan anggaran Rp 1,1 triliun yang bersumber dari APBN, harus ada pembahasan dan persetujuan Komisi X DPR RI.