Berita PKS

Kader PKS Ikut Saber Nyemplung Kali di Jawa Timur

09 Oct 2017 | 15:22 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Malang (9/10) - Kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur melalui tim kepanduan gabung dalam Satuan Tugas Sapu Bersih Nyemplung Kali (Saber Pungli) bersama masyarakat sekitar.

Tim Kepanduan PKS bekerjasama saling bahu-membahu dengan unsur Linmas dan Dinas PU untuk membersihkan sungai di sebelah utara Kantor Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang Jawa Timur pada Ahad (8/10/2017).

Didapati banyak sekali sampah dan plastik yang menyebabkan penyempitan sungai. Sehingga tindakan yang dilakukan antara lain membersihkan rumput liar, mengangkat lumpur dan sampah, serta memperlebar badan sungai dengan mengeruk endapan sampah yang telah bercampur dengan tanah di sisi kanan dan kiri sungai.

Kegiatan kerja bakti tersebut berlangsung di lingkungan RW 8 & RW 9 Kelurahan. Tim Kepanduan PKS mendapatkan bagian zona 1 yakni belakang Kantor Kelurahan.

Setiap kelompok menuju zona masing-masing untuk mulai melaksanakan kegiatan Saber Pungli.

Acara tersebut diinisiasi setelah melihat situasi dan kondisi sudetan sungai yang melewati kantor Kelurahan Purwantoro telah dipenuhi sedimentasi dan berpotensi meluap jika musim hujan telah tiba. Sehingga perlu diadakan normalisasi sungai dengan menganggkat tumpukan sampah, mengeruk sedimentasi & membersihkan rumput liar di sekitarnya.

Tim Kepanduan PKS terdiri dari 5 orang berpakaian resmi (PDL) yakni Winarko, Tatok, Dadang, Razvy dan Iqrok serta satu orang dokumentator berpakaian sipil, yakni Wildan.

Kegiatan berlangsung dengan akrab dan semangat gotong royong. Ketika matahari mulai meninggi, beberapa unsur lain sudah mulai menunjukkan rasa lelah dan duduk beristirahat. Namun kader-kader PKS mampu menunjukkan militansi dan terus bertahan untuk melanjutkan normalisasi sungai diiringi lantunan nasyid yang menggelorakan semangat.

Sekitar pukul 10.00 kegiatan diakhiri dan sampah diangkut ke atas truk. Tim Kepanduan PKS pun berpamitan dengan warga dan pengurus Kelurahan.

Lurah secara khusus menyampaikan terima kasih atas partisipasi Tim Kepanduan PKS. Kehadiran PKS di tengah masyarakat sangat dibutuhkan tenaganya. Serta sebagai bahan peneguhan bahwa meskipun PKS tidak memiliki modal finansial seperti partai lainnya, namun PKS memiliki modal SDM yang solid, terdidik dan militan. Modal SDM ini tentu harus diinvestasikan mulai saat ini ke masyarakat.

Hal ini terbukti dengan celetukan Ketua RW dengan nada bercanda bertanya kepada Wildan, "Pak Wildan, PKS tahun ngarep nomer piro, ben tak koordinir wargaku nyoblos PKS yo rek". Disambut gelak tawa warga yang senang sekali dibantu kader-kader muda PKS.

Unsur yang terlibat dari sambutan Lurah saat apel pagi, diketahui bahwa unsur yang terlibat antara lain Satgas Linmas Purwantoro, Kepanduan PKS, Yon Armed Alap-Alap, Men Armed 7, Yon Bekang, Koramil, Dinas KLH, Dinas PU, Masyarakat RT 8 & RW 9 dan unsur lainnya

Total partisipan berkisar 100 orang. Dengan pembagian kerja menjadi empat zona yaitu sungai belakang (utara) Kantor Kelurahan, sungai samping (barat) Kantor Kelurahan, sungai depan (barat daya) Kantor Kelurahan dan sungai utama di sebelah barat Kantor Kelurahan.