Berita PKS

Juru Parkir di Yogya Kumpulkan Hasil Keringat untuk Donasi Rohingya

18 Sep 2017 | 09:56 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Yogyakarta (18/9) - Awan mendung menggelayuti langit Kota Yogyakarta saat tim Crisis Center for Rohingnya (CC4R) PKS Daerah Istimewa Yogyakarta mengunjungi Teguh Rahayu Wiyono, juru parkir di area Parkir Wisata sebelah timur Gembira Loka Zoo Yogyakarta pada Ahad (17/9/2017).

Pengunjung Gembira Loka Zoo setiap akhir pekan selalu lebih ramai dibandingkan pada hari-hari biasa. Teguh nampak cekatan mengatur kendaraan yang terparkir.

Berbeda dengan hari biasa, hari itu Teguh bersama rekan-rekannya sesama juru parkir berinisiatif mengumpulkan donasi untuk para penghungsi Rohingya dari hasil parkir hingga terkumpul sebanyak Rp. 500.000.

"Khusus untuk parkir di hari Ahad tanggal 17 September 2017 ini memang khusus akan kita sumbangkan untuk saudara-saudara kita di Rohingnya yang saat ini sedang di pengungsian dan membutuhkan bantuan kita," ungkapnya.

Teguh mengumpulkan donasi dari setiap pelanggan parkirnya. Ketika pelanggan akan membayar dia sampaikan bahwa uang parkir itu akan didonasikan untuk Rohingya.

"Pada saat para pelanggan membayar saya sampaikan saat ini bapak atau ibu sedang menyumbangkan dananya, bukan membayar parkir. Karena apa, uang yang diberikan ini untuk menyumbang saudara kita yang ada di Rohingya," jelasnya.

Bahkan menurut Teguh, banyak pelanggannya yang berterima kasih karena sudah dibantu menyumbangkan bantuan untuk pengungsi Rohingya.

Apa yang sudah dilakukan Teguh ini mendapatkan apresiasi positif dari pelanggannya. Seperti yang diungkapkan Nugroho, salah satu pelanggan parkir dari Salatiga.

"Bagus, termasuk berkemanusiaan. Walaupun kami juga pelanggan parkir diminta menyisihkan uangnya kami ikhlas saja," ungkapnya.

Masih menurut Nugroho, kejadian di Rohingya adalah kejadian kemanusiaan dan kita harus slaing membantu sesama.

Sementara itu, menurut Maskuri koordinator CC4R PKS DIY, pihaknya memfasilitasi pengumpulan bantuan untuk pengungsi Rohingya dari berbagai pihak.

"Kami fasilitasi berbagai pihak yang ingin membantu dengan memberikan donasi, termasuk dari kader dan simpatisan PKS hingga masyarakat. Untuk penyalurannya kami salurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan Indonesia yang selama ini sudah bekerja banyak membantu para korban genosida Rohingya," jelasnya.