Berita PKS

Indonesia Akan Tetap Utuh Sepanjang Implementasikan Pancasila

05 Apr 2018 | 11:26 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (5/4) - Anggota MPR RI Hermanto menilai Indonesia akan tetap utuh dan padu sepanjang anak bangsa memegang teguh dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan konsekuen melaksanakan UUD 1945.

Isu Indonesia bubar tidak akan terjadi asalkan tidak ada anak bangsa yang membenturkan nilai-nilai syariat dengan nilai-nilai kebangsaan.

Ia menegaskan hal tersebut di hadapan sekitar 150 orang yang hadir mengikuti kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung KPRI Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (4/4/2018).

"Sejauh yang kita cermati dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, nampak bahwa pejuang kemerdekaan menyatu padukan semangat keagamaan dan kebangsaan menjadi satu kekuatan untuk mewujudkan Indonesia merdeka," katanya.

Karena itu, lanjutnya, sangat disayangkan saat Indonesia sudah memasuki usia merdeka 73 tahun ada upaya para pihak membenturkan nilai religiusitas dengan nilai kebangsaan melalui sebuah puisi yang tidak berkualitas.

"Upaya kriminalisasi nilai religiusitas dengan nilai kebangsaan melalui puisi harus dihentikan," ujar Anggota Fraksi PKS MPR yang berasal Dapil Sumbar I ini.

Indonesia akan tetap ada dengan syarat harus ditopang kehidupan berbangsa dan bernegara yang mengedepankan prinsip keadilan, menegakkan kedaulatan rakyat dan membatasi secara tegas kepemilikan asing serta mendekatkan jarak kesenjangan sosial dalam pembangunan ekonomi untuk memberantas kemiskinan.