Berita PKS

Imam Hambali Usulkan Langkah Cepat Antisipasi Banjir dari Luapan Kali Ciherang

10 Jan 2020 | 11:08 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Kabupaten Bekasi -- Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Bekasi Imam Hambali meninjau langsung Kali Ciherang yang pada awal Januari 2020 meluap dan menyebabkan banjir di Desa Karangsatu, Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Usai meninjau langsung kondisi Kali Ciherang dirinya berjanji akan menyampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera membersihkan eceng gondok yang menyumbat aliran air Kali Ciherang.

"Sebagai langkah cepat kami akan sampaikan dan meminta agar Dinas PUPR segera membersihkan eceng gondok yang menyumbat aliran air, menyebabkan banjir di wilayah sekitar, segera akan kami sampaikan ke dinas terkait," ucapnya pada Kamis (09/01/2020).

Usulan jangka panjang, Imam Hambali mengusulkan agar jembatan lama dan jembatan baru dibuat sejajar.

"Sedangkan untuk jangka panjang kami akan sampaikan usulan agar kondisi jembatan yang lama disejajarkan dengan jembatan baru," lanjutnya.

Kepala Desa Karangsatu Sarim yang juga berada di lokasi menegaskan salah satu penyebab banjir di desanya karena sumbatan aliran air oleh eceng gondok, selain karena volume air juga tak terbendung.

"Memang banjir ini akibat air kiriman dari 7 hulu sungai yang berasal dari Jababeka, Cibatu dan daerah hulu sana. Selain kiriman air juga ada eceng gondok yang mentok tertahan jembatan lama, sehingga terjadi luapan air dan banjir," tutur Sarim.

Dia menegaskan pihaknya bersama masyarakat sudah bekerja swadaya untuk membersihkan eceng gondok tersebut, tapi tetap saja datang yang baru dengan jumlah sangat banyak.

"Kami berharap dinas terkait terutama Dinas PUPR untuk segera membantu menyelesaikan permasalahan ini, mengangkat eceng gondok, karena dikhawatirkan sesuai prediksi pertengahan Januari nanti akan banjir lagi akibat hujan yang tinggi," pungkasnya.