Berita PKS

Hari Ibu Adalah Momen Perenungan Anak

22 Dec 2017 | 16:07 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (22/12) - Ada sebagian masyarakat biasanya menilai Hari Ibu dimeriahkan dengan membebastugaskan seorang Ibu dari pekerjaan domestiknya. Adapula yang memberikan ucapan terima kasih dengan memberikan para Ibu hadiah, dan lain sebagainya.

"Lebih dalam dari itu, Hari Ibu dapat menjadi sebuah perenungan kita sebagai seorang anak kepada Ibu atas semua bakti yang sudah kita berikan kepada mereka sebagai orang tua kita," kata Wirianingsih di Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Karena, kata dia, agama mewajibkan pemeluknya untuk senantiasa ber-birull walidain kepada kedua orang tua kita. Bahkan, dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad sangat menekankan untuk menghormati Ibu.

"Pada Hari Ibu ini, kita juga kembali diingatkan dengan semua perjuangan Ibu. Apapun kondisinya, kita harus senantiasa memberikan penghormatan kepada seorang Ibu. Mereka, rela mempertaruhkan nyawa mereka untuk melahirkan kita ke dunia," kata dia.

Maka, nilainya, seharusnya anak mencoba kembali menakar apakah yang dilakukan kepada Ibu selama ini sudah mampu mendatangkan ridha-Nya atau tidak. "Karena, ridha Allah itu bertumpu pada ridha seorang Ibu," ungkapnya.