Berita PKS

H+4 Lebaran, PKS Bantu Evakuasi dan Kirim Bantuan Korban Banjir Samarinda

09 Jun 2019 | 08:59 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Dok PKS Samarinda

Samarinda -- Curah hujan yang cukup tinggi sejak sepekan sebelum Ramadhan hingga Ahad (9/6/2019) membuat bendungan Benanga Samarinda tidak mampu lagi menampung debit air yang melimpah.

Sebelumnya, banjir hanya merendam 15 RT di Daerah Bengkuring Kel. Sempaja Utara Kec. Samarinda Utara. Setidaknya 735 kepala keluarga (KK) atau 2.300 jiwa dari 15 RT terdampak banjir dengan ketinggi banjir berkisar antara 25-75 sentimeter.

Namun sejak Ahad (9/6/2019) pukul 01.30 dini hari banjir pun meluas ke beberapa Kelurahan, diantaranya Kel. Sempaja Selatan, Lempake, Sungai Pinang, Kec. Samarinda Ulu.

Bahkan, banjir pun melanda Kabupaten lainnya di Kalimantan Timur seperti Kab. Kukar dan Kab. Paser.

Tim DPD PKS Kota Samarinda bergegas bergerak ke lapangan guna membantu masyarakat korban banjir di Daerah Bengkuring (08/06) dari tengah hari hingga malam. Dibantu tim BPBD dan Tokoh masyarakat setempat menyisir warga dan membagikan bantuan berupa nasi bungkus untuk konsumsi warga.

Pemerintah Kota Samarinda telah menetapkan status Tanggap Darurat Bencana selama satu pekan dikarenakan debit air yang diprediksikan akan terus bertambah dan curah hujan yang masih tinggi.

DPD PKS Kota Samarinda menginstruksikan kepada seluruh Kader untuk turut membantu dan membuka Posko layanan untuk warga yang terkena musibah. Dan, mengajak seluruh warga untuk mendukung PKS dalam aksi kemanusiaan ini. Warga pun dapat menyalurkan bantuan melalui PKS yang dipusatkan di Markas Dakwah PKS Kaltim Jl. M. Yamin No. 34 Samarinda. CP. +628114340616 an. M. Nur (Korlap Dapur Umum)

Bantuan dapat berupa sembako seperti Beras, telur, ayam,ikan mentah, sayuran, obat-obatan, pembalut, popok bayi, minyak telon, dan sebagainya untuk konsumsi dan keperluan kesehatan warga.

Banjir yang terus meluas, pertanda bantuan yang dibutuhkan warga akan lebih banyak lagi. Karena korban banjir pun terus bertambah.


Berita Terkait