Info Seputar Crisis Center for Rohingya. Klik di sini!

Berita PKS

CC4R PKS Maluku Ajak Masyarakat Galang Dana Kemanusiaan

11 Sep 2017 | 05:40 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Crisis Center for Rohingya (CC4R) PKS Maluku. (dok Humas PKS Maluku)

Ambon (11/9) -- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku membentuk Crisis Center for Rohingya (CC4R) dalam rangka mengumpulkan sejumlah dana guna membantu masyarakat minoritas Muslim di Rakhine.

Ketua DPW PKS Maluku Abdul Azis Sangkala mengajak pemerintah Provinsi Maluku dan kabupaten/kota untuk bisa ikut serta dalam membantu masyarakat Rohingya yang terusir dari Myanmar.

"Kita di DPW PKS telah membentuk Crisis Center untuk membantu mandanai para korban kemanusiaan yang dialami oleh masyarakat minoritas yang ada di Rohynya Miyanmar. Saya mengajak para kepala daerah untuk kita kumpulkan dana di Crisis Center ini untuk berusaha meringankan krisis kemanusiaan yang terjadi di Rohingya," ujar Azis dalam keterangannya, Senin (11/9).

Menurutnya, apa yang yang terjadi di Rakhine adalah tragedi kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dunia internasional. Indonesia sudah baik melalui pemerintah maupun lembaga donor sudah mulai membuka keran bantuan ke masyarakat Rohingya.

"Karena kita melihat dari tragedi yang terjadi sungguh luar biasa dan sungguh biadab. Kita juga sama-sama pernah merasakan krisis kemanusiaan di Ambon pada tahun 1999. Dan kalau tanpa ada bantuan dari luar, kita tentu merasa bahwa saat itu kita semua sangat menderita, baik di komunitas Islam maupun Kristen," tandas Azis.

Berbagai bantuan menurut Azis perlu terus diberikan kepada masyarakat Rohingya. Sebab, tidak ada yang tahu kapan krisis kemanusiaan tersebut akan berakhir. Ia pun mendesak agar Myanmar menyudahi tindakan represif terhadap etnis Rohingya.

"Kita juga pernah mengalami krises kemanusiaan yang begitu berkepanjangan. Padahal kita berharap cepat saja akan selesai, tapi ternyata bertahun-tahun," katanya.

Dia mengakui bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Presiden PKS dengan seluruh ketua DPW PKS di Indonesia beberapa waktu lalu. Dan dari pertemuan itu, telah disepakati untuk membentuk Crisis Center for Rohingya. Ia pun sudah meminta kader untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk masyarakat Rohingya. Tak luput ia juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam gerakan kemanusiaan ini.

"Tentu kita akan menyalurkannya lewat lembaga-lembaga sosial yang sudah beraktivitas dan berakses di sana. Dan untuk di wilayah, nanti kita akan coba berkomunikasi dengan lembaga sosial apa yang bisa menindaklanjuti amanah dari kami untuk kemudian bisa tersalurkan," papar Azis.

Menurutnya, gerakan CC4R PKS adalah bagian dari upaya membantu masyarakat dunia,sebagaimana termaktub dalam undang-undang Dasar 1945. "Dan tujuan kita untuk kemudian ikut serta dalam perdamaian dunia, agar dunia ini bisa aman, damai, tenang. Oleh karena itu, maka kita harus saling membantu, saling mendukung satu sama yang lain," harapnya.