Berita PKS

Aher Membuka Perdagangan Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia

27 Feb 2018 | 14:03 WIB

Share: Facebook Twitter Google+ WhatsApp Telegram

thumbnail Dok: Okezone

Jakarta (27/2) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) membuka perdagangan pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,45 persen atau 29,82 poin di level 6.584,49.

Pembiayaan melalui pasar modal dinilai Aher memiliki peran penting dalam pembangunan. Menurutnya, salah satu proyek pembangunan di Jawa Barat yang sukses menggunakan instrumen pembiayaan di pasar modal adalah Bandar Udara Internasional Kertajati, melalui pembiayaan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

"Kita sepakat pasar modal harus terus dikembangkan menjadi bagian dari investasi dan permodalan jangka panjang. Tapi pengenalan bagi masyarakat harus ditingkatkan, karena pasar modal menjadi bagian dari instrumen pembangunan kita khususnya dalam pembiayaan biaya pembangunan yang kita perlukan dalam pembangunan yang sedang kita kerjakan," katanya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Instrumen pasar modal yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan Bandara Internasional Kertajati, kata dia, adalah Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT).

Saat ini, menurut dia, pasar modal menjadi alternatif pembiayaan di tengah semakin terbatasnya pembiayaan sektor perbankan. Kondisi tersebut menjadi peluang bagi pasar modal untuk meningkatkan kontribusinya dalam penyediaan pembiyaan pembangunan nasional. Adapun nilai kapitalisasi pasar modal di minggu keempat bulan Februari lebih dari Rp7.300 triliun atau meningkat lebih dari 78%.

"Dalam lima tahun terakhir jumlah dana yang berhasil dihimpun perusahaaan di pasar modal saham atau penerbitan obligasi lebih dari Rp870 triliun," kata dia.